Selasa, 12 Januari 2016

Haii.. Aku siapa yah?

Awalnya sih sempet ragu di ajak buat ikut Mapaba ke salah satu villa di sawangan yang di promosikan sebagai kegiatan ‘jalan-jalan’ versi mahasiswa itu sama temen. Tapi sebagai Mahasiswi yang Bermazhab Hedonis-siyah kayaknya hukumnya ‘fardhu Ain’ buat ikut soalnya kan aku bisa jalan-jalan sekaligus ber-Selfi ria di acara tersebut. Belum jalan aja aku udah ga sabar mau buru buru jalan, semua keperluan udah aku siapin. For example, baju buat berangkat terus baju pas nyampe disana, baju buat JJS an bareng sista sista yang imut, gaun pas malemnya sampe Baby doll cute buat tidur. I’m ready Now! Let’s take many picture tomorrow.
What the hell i’ve done? Kayaknya sih aku udah keliru buat terima ajakan temen aku. It’s realy so bad dari dateng sampe sekarang udah seharian aku ga ngapa2in selain Cuma duduk bareng temen2 yang belum aku kenal sama sekali udah gitu Cuma bisa dengerin ceramah kakak kakak yang juga belum aku kenal. Boro boro selfi, udah 12 jam nih aku sama sekali belum mandi iieeuuwhh. Hasrat selfi yang tadinya menggebu gebu, kini musnah di terpa masa (lebay badai). Nyebelin banget sih orang-orang di sini, mereka tuh ga manusiawi banget tau. Masa ga sekalipun ngebolehin kita cewek2 penganut aliran Narsisme yang taat ini buat take some  picture aja gitu. Mereka ga tahu kalo misahin kita dengan android dan tongsis itu sama kayak misahin ikan lele dengan comberan, ngeresahin banget. Hufth
Ini udah lewat tengah malam, and guys pasti bisa kamu tebak kalo kita masih stay here dengan tampang manyun (permukaan wajah tertekuk membentuk sudut ), bete stadium akhir and finaly, tingkat keasaman tubuh yang meningkat karena belum mandi dari siang. Aktifitasnya masih sama yakni dengerin ceramah ampe ngantuk. L
“Telima katih ya Allah.. udah ngabulin do’a baim”. Akhirnya kita bisa bobo cantik jam 3 dini hari. But OMG, baru sejam tidur eh udah di bangunin lagi sama kakak kakak panitia. Waduh, mana masih bau iler lagi yah ga PD nih kalo keluar. Tapi yaudah lah karena aku udah kepalang ikut acara ini ya mau gimana lagi ‘terpaksa’ banget deh aku harus ikutin prosesnya sampe selesai! Puas?
Ihh, kok suasana jadi beda kayak gini sih? Semua temen2 aku jadi pada sedih sampe nangis2 dengerin kata kata semacam renungan gitu dari kakaknya. “Aaah kalian jangan nangis dong sis, nanti berbi ikutan nangis juga nih..hikz”. Dari situ aku baru tahu kalau ternyata selama ini aku kuliah Cuma mikirin diri sendiri tanpa mikirin orang lain serta orang yang selalu mikirin aku yakni orang tua. Aku nyesel banget selama ini Cuma bisa hura-hura bareng temen2, mejeng ga jelas serta masih banyak lagi hal sia-sia yang pernah aku lakuin. Aku sadar kalo tujuan aku kuliah dan belajar itu untuk bisa menjadi orang yang betul2 bermanfaat juga bisa bikin bangga ortu aku. And yang juga ga kalah berkesan bagi aku bahwa ini pertama kalinya aku nangis tersedu2 selain atau bukan karena patah hati.ooooowwhhh :p
Yeeaahhh! Ga kerasa sehari bagaikan 24 jam aku disini. Kata kakaknya kita boleh pulang sebentar lagi. Tapi yah namanya organisasi kalo ada upacara pembukaan, pasti juga ada penutupannya. Yah, meskipun harus bertahan beberapa menit lagi aku juga udah sedikit paham dan nyaman serta mulai terima dengan apa yang aku dapat di acara ini. Kesel bercampur haru di gabung sehingga menciptakan rasa ngangenin. Bisa kumpul bersama, punya sahabat baru, dapat ilmu2 yang belum kita ketahui sebelumnya dll. Pokoknya ini salah satu pengalaman seru deh sepanjang aku kuliah.
“eeh.. waduuuh, kenapa aku baru ingat sekarang sih kalo aku lupa beli pembalut kemaren? This is the first day. Mana kerasa pas di tengah2 upacara lagi. Mau ke toilet tapi ngapain? Mungutin tissue sampe banyak terus buat di pake gitu? ya ga mungkin laah taplaaakk”. Di sini ga ada yang aku kenal, dan kalo sekalipun kenal aku juga malu kalo di omongin. Alhamdulillahnya ternyata ada seorang panitia kakak2 cantik dengan suka rela bantuin aku karena ternyata di kejauhan dia merhatiin body language aku yang dari tadi keliatan gelisah. Emang sih kalo gerakan2 yang kasat mata dari seorang cewek itu pasti dengan cepat bisa keliatan dan di mengerti oleh sesama cewek bukan cowok. Karena cowok itu cuma punya mata kepala, tapi ga punya mata hati. Ckckckckck
Well, akhirnya selamat juga berkat pertolongan kakak yang cantik itu. Acara pun selesai dan kami berbondong-bondong meninggalkan tempat Mapaba.
Dari sini aku belajar cukup banyak hal dengan kurun waktu yang singkat. Yah, meskipun dari semua materi yang di jelasin dengan teori aku ga mudeng, tapi dari esensi acara Mapaba ini hal hal yang tidak di jelaskan secara teori bisa aku ambil sebagai pembelajaran berarti. Dari awal aku ikutin acara ini aku udah cenderung neting(negative thingking) kalo jangan2 aku mau di ajarin aliran sesat atau di rekrut jadi teroris karena ada Brand ‘Islam’ di situ . Ya kalee ada teroris manjanya setengah metong kayak aku? At least aku baru tahu kalo aku sedang di bentuk sebagai kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia atau di singkat PMII Komisariat Unindra anak kandungnya Nahdatul Ulama dengan Ideolgi Ahlus Sunnah Wal Jama’ahnya.
 Jika kita tinjau dari segi formal (sok aktifis banget gua), emang sih aku udah resmi jadi anggota PMII Unindra sampai di panggil sahabati juga, tapi secara Hakikat ke-Mahasiswa-an aku ngerasa belum bisa menunjukkan jati diriku sebagai Mahasiswa sejati. Aku dengan tiba-tiba bertanya pada diri sendiri bahwa siapa aku sebenarnya, apa potensi ku, untuk apa aku kuliah, dan mau kemana nanti arah dan tujuan hidupku setelah kuliah? Tapi mungkin dengan belajar, belajar dan belajar di PMII ini aku nanti bisa mnemukan satu per satu jawaban dari pertnyaan itu. Dengan demikian aku ingin bertanya “HAI PMII... GUA INI SEBENARNYA SIAPA SIH..?” 
Sekali lagi aku bersyukur kepada Allah SWT juga berterima kasih kepada temanku yang ngajakin buat ikutan acara Mapaba ini, sahabat2 baru yang menemaniku juga kakak2 yang dengan sabar membimbing kami. Hal-hal seru yang ada di Mapaba ga akan aku lupain seumur hidup. Dari Mapaba aku belajar kesabaran... kebersamaan.. kepedulian.. kemandirian.. solidaritas.. atitude dll. Kini bersama PMII Unindra saatnya aku mengupgreade lagi skill dan knowledge sebagai agen intelektual bernama Mahasiswa yang tentunya bermanfaat di tengah Masyarakat. Semoga Allah SWT meridhoi kita semua. Aamiin
I Love You All My Sahabat
By

                SAHABATI 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar